Tuesday, March 15, 2016

Analisis VRIO dan Model Bisnis Twitter









Analisis VRIO Twitter


No.
Resource / Capability
V
( Value )
R
( Rarity )
I
( Imitability )
O
( Organization )
1
Media sosial
ü



2
Media untuk periklanan / promosi
ü



3
Media sosial yang simpel & mudah digunakan
ü



4
Kemudahaan pendaftaran
ü



5
Tampilan minimalis
ü



6
Teman tidak terbatas
ü



7
Tweet
ü
ü


8
Karakter status yang dibatasi
ü
ü
ü

9
Background yang bisa diganti
ü
ü
ü

10
ReTweet
ü
ü
ü

11
TweetDeck
ü
ü
ü

12
Twittercounter
ü
ü
ü

13
Trending topik
ü
ü
ü
ü
14
Pengalaman pengguna
ü
ü
ü
ü
15
Corporate Leadership & vision
ü
ü
ü
ü
16
Brand nama yang terkenal
ü
ü
ü
ü


Keterangan :

TweetDeck (http://www.tweetdeck.com) merupakan aplikasi dari Adobe Air Desktop yang memungkinkan orang untuk mengkonfigurasikan searches dan views dalam urutan waktu di twitter. Kalau anda difollow banyak orang di twitter, atau sedang mencari cara untuk memanaje volume pesan di twitter, twitterDeck ini dapat sangat berguna.

Twittercounter (www.twittercounter.com) merupakan sebuah website yang bisa membuat laporan jumlah follower yang mengikuti account twitter kita atau user lain. Di situs ini diperlihatkan sebuah grafik perkembangan follower kita dan juga statistik lain seperti kecenderungan perkembangan follower, rata-rata pertambahan follower dan beberapa feature lainnya.




Memahami Bisnis Model Twitter





Twitter adalah salah satu platform yang paling populer Social Networking Site (SNS) dan Micro-blogging di dunia. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berbagi pesan teks dengan kendala panjang 140 karakter. Pesan-pesan ini (alias tweet) yang terlihat publik, secara default. Setiap pengguna dapat berlangganan tweets dari pengguna lain dengan mengikuti mereka. Pengguna dapat tweet melalui website Twitter atau Twitter klien dan aplikasi untuk desktop, tablet, atau smartphone.

Beberapa pengguna menggunakannya sebagai media penyiaran untuk menyiarkan pikiran mereka sendiri atau konten yang mereka ingin berbagi. Beberapa pengguna cukup masuk untuk mendengarkan ahli atau selebriti atau merek, yang mereka suka dan kagumi. Beberapa menggunakannya untuk menemukan apa yang orang lain katakan tentang topik kepentingan mereka; sementara beberapa menggunakannya untuk mengikuti penerbit konten untuk tetap mendapatkan informasi  terbaru.

Bisnis juga menggunakan Twitter dalam beberapa cara. Konten dan Media perusahaan menggunakan Twitter untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Web mereka. Hal ini sedang digunakan oleh e-commerce dan lokal bisnis untuk promosi kesepakatan.

Twitter mulai sebagai layanan media sosial pada tahun 2006. Ini memperoleh popularitas besar di tahun 2009 - 2010. Seperti pada tanggal 8 September 2011, Twitter memiliki 100 juta pengguna aktif. Lebih dari setengah dari mereka login setiap hari. Pada Januari 2012, 1 Miliar tweet  dikirim setiap empat hari, yang berarti 250 Juta tweet dibagikan setiap hari.

Dengan begitu banyak pengguna yang terhubung ke platform dan menggunakannya secara teratur, hal ini menjadi tujuan yang menarik bagi pengiklan. Tidak seperti situs-situs lain SNS, Twitter belum mulai menawarkan pilihan 'Tampilan Iklan' ke pengiklan. Sebaliknya, twitter   memberikan mereka cara berikut yang inovatif untuk menjangkau pengguna:

1.      Promoted accounts / Akun Dipromosikan - Akun tersebut dipromosikan muncul dalam hasil pencarian dan dalam bagian 'Siapa yang Ikuti' (didukung oleh mesin rekomendasi akun Twitter). “Akun dipromosikan” ditawarkan melalui (CPF) lelang Biaya-Per-Follow, di mana bisnis dibebankan ketika pengguna mengkonversi menjadi pengikut.

2.      Promoted tweets / Tweets dipromosikan - Bisnis dapat mempromosikan pesan-pesan kunci melalui Hasil pencarian untuk non-pengikut akun mereka. Promoted tweets juga dapat ditargetkan pada pengikut bisnis atau pengguna yang memiliki profil mirip dengan pengikut. Promoted tweets ditawarkan melalui Biaya-Per-Engagement (CPE) lelang, di mana keterlibatan diartikan sebagai klik, favorit, tweet, atau balasan dari tweet dipromosikan.

3.      Promoted trends / Tren dipromosikan - Bisnis dapat memanfaatkan promoted trends  untuk skala percakapan dan membangun kesadaran massa. Tren mencerminkan topik terpanas diskusi selama beberapa saat. Mereka muncul di sebelah waktu pengguna. Promoted trends  muncul di bagian atas  Trends.


Tujuan bisnis twitter sederhana: Meningkatkan jumlah pengguna menggunakan layanan ini. Hal ini akan membantu menarik lebih banyak pengiklan. Sementara aplikasi pihak ketiga membantu meningkatkan lalu lintas situs dan penggunaan konten, Twitter telah menandatangani berbagai jenis kemitraan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong lebih banyak pengguna ke layanan.

Berikut adalah 4 jenis Kemitraan yang Twitter telah menandatangani:

1.    Search Vendor – Lisensi twitter full feed pada  tweet publik untuk vendor mesin seperti Microsoft (Bing Sosial), Google (Google Realtime), dan Yahoo pencarian. Hal ini membantu dalam memungkinkan pencarian real-time dan penemuan.

2.   Device Vendor - Twitter dengan Apple untuk memungkinkan integrasi dalam Twitter di sistem operasi mobile iOS5 untuk iPad, iPhone, dan iPod touch. Ini berarti pengguna dapat tweet langsung dari aplikasi Apple, seperti Kamera, Foto, dan Safari, bersama dengan aplikasi pihak ketiga seperti Flipboard, Livingsocial, dan Instagram.

3. Media - Twitter telah menandatangani kemitraan dengan perusahaan seperti Mass Relevansi dan Crimson Hexagon untuk membantu perusahaan media dan brand memberikan integrasi Twitter untuk memudahkan para pengguna. Hal ini dapat membantu perusahaan media yang menangkap reaksi real-time ke berita penting. Meskipun kemitraan ini bukan sumber utama pendapatan, mereka membantu dalam memperluas basis pengguna. Visibilitas tambahan mendorong pertumbuhan lebih lanjut untuk Twitter.

4.    Operator seluler - Twitter telah bermitra dengan operator Telecom di seluruh dunia untuk memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima tweets dari ponsel menggunakan SMS.

 



No comments:

Post a Comment